Selasa, 07 Februari 2017

“Drug Trafficker” dari Cianjur

“Drug Trafficker” dari Cianjur
Oleh: Irfan Budiman, Rian Suryalibrata, dan Upik Supriyatun
Resume

Ola alias Merika Franola, seorang drug trafficker asal Cianjur yang divonis mati oleh majelis hakim pimpinan Asep Iwan Iriawan di Pengadilan Negeri Tanggerang. Ola terlihat lebih tegar dibanding sepupunya, Rani Andriani yang juga dihukum mati karena terlibat kasus narkoba.
Karir Drug Trafficker Ola berawal dari pekerjaannya menjadi disc jocker di Puncak, Bogor, Bali, dan Tanahabang, Jakarta. Dari pekerjaan itu, Ola melahirkan anak pertamanya bernama Eka Prawira akibat hubungan gelap.
Sampai Ola bertemu dengan Tajudin alias Tony, seorang pria asal Nigeria yang mengaku sebagai pembisnis pakaian jadi. Mereka menjalin hubungan hingga akhirnya mempunyai anak dan membangun rumah tangga yang bahagia.
Namun kebahagian itu tidak bertahan lama, Tony sering menyiksa Ola hingga lebam, bahkan pernah sampai masuk rumah sakit selama seminggu. Sampai Ola pernah kabur ke rumah orang tuanya karena kekejaman suaminya. Dari situ Ola menyadari bahwa suaminya bukan seorang pembisnis baju, namun seorang mafia narkoba.
Ola kemudian menerima ajakan suaminya bergabung dalam bisnis gelapnya karena tidak mau lagi disiksa. Ola memulai dengan menjadi kurir narkoba hingga menjadi drug trafficker, dengan nama samaran Tania, Rika dan Cunbe Fransisca.
Kehidupan Ola dan Tony semakin meningkat, hingga kedua sepupunya, Rani dan Deni datang ke Ola untuk meminjam sejumlah uang dengan syarat harus bekerja sebagai kurir narkoba untuk Tony. Pada awalnya mereka tidak sadar, hingga suatu saat mereka menyadarinya. Namun mereka tidak berani berhenti, karena mereka takut Ola akan disiksa oleh suaminya lagi.
Hingga 12 Januari 2003, sindikat narkoba ini berakhir di  bandara Soekarno-Hatta. Aksi Ola dan kedua sepupunya diringkus petugas ketika akan mengirimkan paket narkoba ke London. Pada hari yang sama, Tony dan rekannya tewas karena baku tembak dengan polisi. Informasi keberadaan Tony didapatkan dari keterangan Ola.
Mantan Kepala Direktorat Reserse Metro Jaya, Senior Superintenden Alex Bambang Riatmodjo menjelaskan bahwa Ola sangat handal dalam sandiwaranya selama ini. Bahkan Alex tak percaya, bahwa keterlibatan Ola dalam kasus narkotika itu hanyalah karena terpaksa. Karena menurutnya, kalau terpaksa tidak akan sampai keterusan. Menurut penyelidikan polisi, pekerjaan itu telah digeluti oleh Ola sebelum dia bertemu dengan Tony. Dan dugaan ini diperkuat oleh jaksa Mursidi dan hakim Asep.

Tugas
  1. Gambarkan realitas struktur sosial yang ada didalam bacaan, kaitkan dengan status dan peranannya!
    Jawab:

    Pernikahan Ola alias Merika Franola dengan Tajudin alias Tony. Sehingga terbentuknya status dan peranan yaitu Ola sebagai istri dan Tony sebagai suami.
  1. Apa yang dimaksud dengan tindakan sosial menurut anda? Kemudian gambarkan tindakan sosial yang ada didalam bacaan berdasarkan motifnya, menurut tipe ideal Weber!
    Jawab:

    Menurut saya, Tindakan Sosial adalah sebuah cara yang dilakukan oleh individu maupun kelompok yang dilakukan untuk menciptakan kehidupan sosial, serta menumbuhkan rasa saling membutuhkan antar anggota sosial.
    1.) Tindakan Rasional Instrumental

    - Tony memberikan pinjaman kepada dua sepupu Ola, dengan tujuan agar mereka bisa dijadikan kurir narkotika.
    - Tony mengaku sebagai pembisnis pakaian jadi agar dapat mengikat hati Ola menjadi istrinya.
    - Ola rela bekerja sebagai disc jocker dengan tujuan dapat menghidupi Eka Perwira, anaknya.
    2.) Tindakan Rasional Berorientasi Nilai

    - Pekerjaan Ola sebagai disc jocker dilakukan untuk mendapat penghasilan.
    - Tipu muslihat Tony sebagai pembisnis pakaian jadi dilakukan untuk mengejar hati Ola.
    - Peningkatan kehidupan Ola dan Tony semenjak memulai bisnis narkotik
    3.) Tindakan Tradisional

    - Ola melakukan hubungan intim dengan seorang pria dan Tony sebelum menikah hingga memiliki dua anak.Tindakan ini melanggar / bertentangan dengan norma yang berlaku di dalam kehidupan bermasyarakat.
    4.) Tindakan Afektif

    - Penganiayaan yang dilakukan Tony terhadap Ola.
    - Pinjaman yang diberikan kepada sepupu Ola karena iba / kasihan.
  1. Deskripsi fakta fakta didalam bacaan yang terkait dengan konsep integrasi fungsional!
    Jawab:
  • Saling ketergantungan antara Ola dengan Tony. Ola sangat membutuhkan Tony sebagai suaminya, dan juga Tony membutuhkan Ola sebagai orang penting yang membantu jalannya bisnis narkotika.
  • Ketergantungan Tony dengan kedua sepupu Ola. Tony membutuhkan sepupu Ola sebagai kurir narkotiknya, begitu juga sepupu Ola membutuhkan Tony agar dapat meminjam sejumlah uang untuk memenuhi kebutuhannya.

  1. Berikan dan jelaskan contoh fakta sosial dalam bacaan yang termasuk dalam aras:
    • Aras Masyarakat
    • Aras Mikro
    • Aras Masalah Sosial
Jawab:
  • Aras Masyarakat
Ola dan Tony yang menikah menjadi satu keluarga yang merupakan bagian dari rumah tangga masyarakat. Keluarga ini termasuk dalam aras masyarakat, karena hubungannya organisasi keluarga dengan masyarakat.

  • Aras Mikro
-Kekerabatan Ola dengan kedua sepupunya. Hubungan ini merupakan aras mikro karena adanya hubungan antar individu (Ola) dengan individu lain (Rani dan Deni)
-Kekejaman Tony terhadap Ola, dimana Tony menganiaya Ola hingga lebam.
-Ola dengan anaknya, Eka Prawira. Dimana Ola rela berkerja keras sebagai disc jocker untuk menafkahi anaknya.

  • Aras Masalah Sosial
-Ketidakharmonisan keluarga Ola dengan Tony. Karena adanya tindak kekerasan yang terjadi.
-Masalah piutang sepupu Ola. Dimana mereka harus membayar mahal yaitu dengan menjadi kurir narkotika.

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kutub objektif dan subjektif berikan contoh berdasarkan fakta bacaan!
    Jawab:
    Kutub Objektif adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh individu / kelompok yang bersifat kuantitatif yaitu dapat diukur dan dinyatakan sebagai suatu angka. Contoh:
  • Tanggapan Alex tentang Ola bahwa dia sangat profesional, pintar berbohong, berperilaku manis dan lemah lembut.
  • Putusan hukuman mati oleh pengadilan karena adanya hitungan hitungan yang sistematis dan terukur sehingga membuktikan tersangka layak dihukum mati.

    Kutub Subjektif adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh individu / kelompok yang bersifat kualitatif yaitu tidak dapat diukur dan dipahami menurut motif subjektif pelaku. Contoh:
  • Anggapan Ola bahwa sebagai Drug Trafficker karena paksaan Tony yang mempunyai magic sehingga Ola seolah olah takluk dan mengalah kepada Tony.

0 comments:

Posting Komentar